Tips Anak Semangat Kembali Ke Sekolah Usai Liburan

Liburan sekolah merupakan saat yang menyenangkan bagi anak karena di masa liburan sekolah anak memiliki waktu yang bisa diisi dengan kegiatan yang mereka sukai setelah kegiatan sekolah berbulan-bulan yang padat dengan belajar dan aktivitas terkait lainnya.

Tips Anak Semangat Kembali Ke Sekolah Usai Liburan

Di masa liburan sekolah biasanya anak akan mengisi liburan dengan bersantai di rumah ataupun pergi berwisata ke suatu tempat. Tidak jarang juga keluarga yang akan meluangkan waktu untuk mengunjungi sanak family maupun kerabat lainnya. Namun, liburan sekolah yang menyenangkan ternyata tidak selalu menimbulkan efek positif saat anak harus kembali memulai hari pertama masuk sekolah.

Di saat liburan sekolah telah usai, terkadang anak biasanya akan malas bangun tidur hingga tidak mau sekolah. Selain itu, ada juga yang malas-malasan di hari pertama masuk sekolah karena cenderung masih terbiasa dengan kegiatan sehari-sehari yang santai saat liburan sekolah.

Dan di saat liburan sekolah telah usai, sebagai orang tua hendaknya harus tetap dapat memberikan semangat untuk anak agar anak semangat saat kembali ke sekolah. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar anak kembali bersemangat untuk memulai hari pertama masuk sekolah.

Tidur lebih awal
Liburan sekolah yang panjang terkadang sering membuat anak tidak tidur seperti jadwal biasanya karena keesokan harinya tidak harus pergi ke sekolah, sehingga anak merasa dapat tidur larut malam. Kebiasaan ini sebaiknya tidak lakukan dan anak sebaiknya tetap tidur di jadwal seperti biasa, seperti ketika saat tidak libur panjang. Usahakan untuk mengatur jadwal tidur awal beberapa hari sebelum anak kembali masuk sekolah.

Tidak bangun kesiangan
Di saat liburan sekolah siapa yang tidak suka bangun siang, begitu juga dengan anak. Anak senang bangun siang karena mereka tidak harus bangun di pagi hari untuk pergi ke sekolah. Kebiasaan anak bangun kesiangan ini usahakan tidak berlanjut hingga hari pertama masuk sekolah. Biasakan beberapa hari sebelum hari pertama masuk sekolah agar anak tidak bangun kesiangan dan bangun pagi secara rutin seperti biasanya.

Siapkan perlengkapan sekolah
Menyiapkan perlengkapan sekolah beberapa hari sebelum hari pertama sekolah setelah liburan sekolah alangkah lebih baik. Misalnya menyiapkan seragam sekolah yang telah tercuci dan terseterika rapi, hingga alat tulis dan perlengkapan lainnya. Menyiapkan perlengkapan sekolah lebih awal dimaksudkan agar anak tahu bahwa hari masuk sekolah sudah dekat dan tidak bermalas-malasan.

Tetap belajar
Di saat liburan sekolah sebagian besar anak mungkin memilih untuk bersenang-senang dan sesaat melupakan kegiatan belajar yang selama ini rutin dilakukan. Sebagai orang tua hendaknya dapat menyarankan dan membimbing mereka untuk tetap belajar meski tidak sesering biasanya.

Pernak-pernik perlengkapan sekolah
Untuk membuat anak tetap bersemangat saat kembali ke sekolah, hal lain yang dapat dilakukan yakni dengan membelikan mereka beberapa pernak-pernik perlengkapan sekolah yang baru. Seperti kotak pensil, botol minum atau tas dan lain sebagainya. Pilihlah pernak-pernik perlengkapan sekolah yang sesuai dengan motif dan warna kesukaan mereka untuk membangkitkan keceriannya kembali ke sekolah.

Mengisi liburan sekolah dengan kegiatan bermanfaat
Mengisi liburan sekolah dengan kegiatan atau aktifitas yang berhubungan dengan pelajaran bagi anak di kelasnya dapat menjadi cara ampuh agar anak semangat untuk kembali ke sekolah. Isilah liburan sekolah dengan kegiatan yang mendidik seperti pergi ke museum atau situs sejarah, membuat eksperimen, membuat hasil kerajinan tangan, berlatih musik, hingga tebak-tebakan ilmu pengetahuan.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Thanks for reading Tips Anak Semangat Kembali Ke Sekolah Usai Liburan