Makna Peringatan Hari Ibu Ke-88 Tahun 2016

Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati secara nasional pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengingatkan kita semua untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Peringatan Hari Ibu juga dimaksudkan untuk mempertebal semangat semua komponen bangsa mencapai kemajuan di berbagai bidang pembangunan, dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan. Peringatan Hari Ibu diharapkan juga dapat mendorong peningkatan peran serta kemitraan antara perempuan dan laki-laki dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mengisi kemerdekaan.

Makna Peringatan Hari Ibu Ke-88 Tahun 2016

Mengusung tema "Kesetaraan perempuan dan laki-kaki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan", di tahun ini pada 22 Desember 2016 secara nasional kembali akan diselenggarakan peringatan Hari Ibu untuk yang ke 88 kalinya. Dengan semangat bersama untuk memperingatinya, berikut makna peringatan Hari Ibu ke-88 tahun 2016.

Makna Peringatan Hari Ibu Ke-88 Tahun 2016

1. Peringatan Hari Ibu ke-88 menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

2. Merupakan momentum untuk merenungkan tentang apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum tercapai oleh kaum perempuan Indonesia untuk kepentingan perempuan Indonesia khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

3. Memberikan kesempatan untuk mengoreksi kekurangan dan kelemahan yang dihadapi kaum perempuan Indonesia dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara.

4. Sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

Pedoman Penyelenggaraaan Peringatan Hari Ibu Ke-88 Tahun 2016

Thanks for reading Makna Peringatan Hari Ibu Ke-88 Tahun 2016