Tips Persiapan Mengatasi Rasa Gugup dan Grogi Saat Wawancara Kerja

Tips Persiapan Mengatasi Rasa Gugup dan Grogi Saat Wawancara Kerja - Wawancara kerja merupakan bagian dari proses penerimaan tenaga kerja, pegawai atau karyawan. Berbeda dengan proses lainnya misalnya psikotes atau tes keterampilan yang mungkin saja masih bisa ditebak, wawancara kerja sama sekali tidak terduga baik mengenai karakter pewawancara maupun pertanyaan yang akan diajukan.

Tips Persiapan Mengatasi Rasa Gugup dan Grogi Saat Wawancara Kerja

Dalam menghadapi wawancara kerja, persiapan diri penting dilakukan agar dapat menguasai dan menenangkan diri serta menghindari dari rasa gugup dan grogi saat wawancara kerja berlangsung. Untuk mengatasi perasaan gugup dan grogi saat wawancara kerja, berikut kiat dan tips persiapan diri yang dapat dilakukan.

Memiliki waktu tidur yang cukup
Memiliki waktu tidur yang cukup sangat diperlukan agar stamina tetap terjaga. Tidurlah selama tujuh sampai sembilan jam setidaknya tiga malam berturut-turut sebelum wawancara kerja. Karena menurut pakar kesehatan, tidur cukup yang berkualitas akan membantu meningkatkan konsentrasi dan percaya diri saat wawancara kerja berlangsung.

Persiapkan wawancara
Persiapan diri yang kurang saat wawancara berlangsung dapat menyebabkan kekhawatiran berlebih. Luangkanlah waktu untuk mempelajari posisi yang diinginkan serta latar belakang perusahaan. Siapkan juga pertanyaan yang akan diajukan pada akhir wawancara kerja.

Melatih berbicara dan kontak mata
Selama wawancara berlangsung sebaiknya dapat memberikan kontak mata kepada si pewawancara. Tidak adanya kontak mata dapat mengesankan bahwa orang yang tidak percaya diri. Sebelum wawancara kerja, berlatihlah untuk melakukan kontak mata dengan keluarga atau teman.

Sarapan
Sebelum menghadapi wawancara kerja sebaiknya sarapan terlebih dahulu. Sarapan akan memberikan banyak manfaat untuk diri sepanjang hari. Mulai dari memberikan energi dan membantu konsentrasi agar fokus saat wawancara kerja.

Tarik napas dalam
Ketika tiba di tempat wawancara kerja, denyut jantung biasanya meningkat ke tingkat yang tidak normal. Cara mengatasinya, buat denyut jantung agar melambat dengan mengambil atau menarik napas dalam-dalam.

Persiapkan jawaban
Sebelum menjawab pertanyaan dari si pewawancara, cernalah pertanyaan tersebut kurang dari 10 detik dan baru menjawabnya. Usahakan menjawab dengan tidak terbata-bata atau dengan kalimat pembuka seperti 'Emm...Anu... Eee' yang mengesankan bahwa tidak siap.

Semoga tips dan kiat persiapan diri yang dapat dilakukan dalam mengatasi gugup dan grogi saat wawancara kerja tersebut dapat bermanfaat.

Thanks for reading Tips Persiapan Mengatasi Rasa Gugup dan Grogi Saat Wawancara Kerja